Pesan Pesin

Kalau nak pintar, belajar! Kalau nak berhasil, usaha! (Tuk Bayan Tula)

Overview Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen

14 Juli 2011 | fairuzdarin

Overview Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen Sektor Publik dan Privat

Akuntansi keuangan adalah bagian dari akuntansi yang berkaitan dengan penyiapan laporan keuangan untuk pihak luar, seperti pemegang saham, kreditor, pemasok, serta pemerintah. Prinsip utama yang dipakai dalam akuntansi keuangan adalah persamaan akuntansi (aset = liabilitas + ekuitas). Akuntansi keuangan berhubungan dengan masalah pencatatan transaksi untuk suatu perusahaan atau organisasi dan penyusunan berbagai laporan berkala dari hasil pencatatan tersebut.

Adapun akuntansi manajemen merupakan penyatuan bagian manajemen yang mencakup penyajian dan penafsiran informasi yang digunakan untuk perumusan strategi, aktivitas perencanaan dan pengendalian, pembuatan keputusan, optimalisasi penggunaan sumber daya, pengungkapan kepada pemilik dan pihak luar, pengungkapan kepada pekerja, dan pengamanan asset.

Akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen memiliki tujuan yang berbeda. Akuntansi keuangan bertujuan untuk mengkomunikasikan posisi keuangan organisasi kepada para investor, bank, regulator, dan pihak-pihak luar lainnya, sedangkan akuntansi manajemen bertujuan untuk membantu manajer mengambil keputusan untuk memenuhi tujuan organisasi.

Penerapan akuntasi keuangan dan akuntansi manajemen di sektor publik masih belum lama dilakukan dan perkembangannya tidak secepat akuntansi di sektor privat. Banyak prinsip-prinsip akuntansi sektor privat yang diadaptasi ke dalam akuntansi sektor publik. Namun, perkembangan akuntansi sektor publik belum mampu sebaik perkembangan di sektor swasta. Di Indonesia, perkembangannya masih berpusat pada peraturan-peraturan Pemerintah dan turunan-turunannya, dan belum diiringi secara baik oleh tindakan-tindakan strategis lainnya.

Overview Audit Keuangan dan Audit Manajemen Sektor Publik dan Privat

Audit keuangan adalah audit terhadap laporan keuangan suatu entitas (perusahaan atau organisasi) yang akan menghasilkan pendapat (opini) pihak ketiga mengenai relevansi, akurasi, dan kelengkapan laporan-laporan tersebut.

Audit manajemen seringkali diartikan sama dengan audit operasional. Audit manajemen merupakan pengkajian atas setiap bagian organisasi terhadap prosedur operasi standar dan metoda yang diterapkan suatu organisasi dengan tujuan untuk mengevaluasi efisiensi, efektivitas, dan keekonomisan (3E).

Tujuan audit keuangan adalah untuk memberikan pendapat atas kewajaran penyajian laporan keuangan perusahaan sesuai dengan prinsip akuntansi yang diterima umum di Indonesia. Sedangkan tujuan audit manajemen adalah untuk mengindentifikasi kegiatan, program dan aktivitas yang masih memerlukan perbaikan, sehingga dengan rekomendasi yang diberikan nantinya dapat di capai perbaikan atas pengelolaan berbagai program dan aktivitas pada perusahaan tersebut.

Audit keuangan tentu sangat berbeda dengan audit manajemen. Audit keuangan membatasi diri pada pemeriksaan atas kewajaran praktik akuntansi berdasarkan standar akuntansi yang diterima umum, dan menghasilkan laporan audit berupa opini atas laporan keuangan. Sedangkan audit manajemen menggunakan data operasi termasuk data keuangan untuk memberi masukan bagi manajemen. Audit manajemen menekankan pada rekomendasi perbaikan operasional mencakup setiap aspek ekonomis, efisiensi, dan efektifitas operasional perusahaan.

Penerapan audit keuangan baik di sektor publik maupun privat sudah tidak asing lagi di Indonesia. Lembaga pemeriksa yang bertugas mengaudit laporan keuangan Pemerintah adalah Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Untuk sektor privat, laporan keuangan mereka dilakukan oleh Kantor Akuntan Publik (KAP).

Penerapan audit manajemen di sektor privat dilakukan ketika perusahaan menyadari adanya signal yang mengindikasikan kebutuhan untuk melaksanakan audit manajemen, seperti penurunan laba secara kontinyu dan signifikan. Sedangkan audit manajemen di sektor publik antara lain dilakukan dalam penilaian kinerja pegawai.


*dari berbagai sumber:

  • Wikipedia
  • Prof. Dr. Mardiasmo, MBA., Ak. "Akuntansi Sektor Publik". Yogyakarta: 2005
  • dan lain-lain

Tags: | 0 komentar

0 komentar:

Posting Komentar