Pesan Pesin

Kalau nak pintar, belajar! Kalau nak berhasil, usaha! (Tuk Bayan Tula)

Sekelumit Persamaan dan Perbedaan Antara Akuntansi Manajemen Sektor Publik dan Komersial

14 Juli 2011 | fairuzdarin

Persamaan


Pada dasarnya, prinsip akuntansi manajemen sektor publik tidak banyak berbeda dengan prinsip akuntansi manajemen yang diterapkan pada sektor komersial. Prinsip-prinsip akuntansi manajemen yang biasa digunakan pada organisasi sektor komersial antara lain perumusan/perencanaan strategik dan manajemen biaya. Akan tetapi, penerapan prinsip-prinsip tersebut diadopsi dengan beberapa modifikasi sedemikian rupa sehingga dapat sesuai dengan pola yang ada di pemerintahan.

Akuntansi manajemen juga digunakan sebagai alat pengendalian baik bagi sektor komersial maupun pemerintah. Karena berorientasi pada perolehan laba, maka alat pengendalian organisasi sektor komersial lebih banyak bertumpu pada mekanisme organisasi (negotiated bargain). Sementara itu, organisasi sektor publik karena sifatnya yang tidak mengejar laba serta ada pengaruh politik, maka alat pengendaliannya berupa peraturan birokrasi, yaitu terkait untuk pengukuran kinerja, pencegahan KKN, dan pemantauan penyerapan anggaran.

Disimpulkan bahwa persamaan antara akuntansi manajemen sektor komersial dengan pemerintah adalah penggunaan akuntansi manajemen sebagai alat perumusan strategi, perencanaan, dan pengendalian, meski dengan metode yang berbeda satu sama lain.



Perbedaan

Beberapa perbedaan yang dapat dilihat antara akuntansi manajemen sektor komersial dengan pemerintah adalah:

  1. Akuntansi manajemen sektor komersial lebih fokus pada pengoptimalan penggunaan sumber daya, sedangkan akuntansi manajemen sektor pemerintah lebih fokus kepada pemberian informasi biaya. Namun, hal tersebut menyebabkan perhitungan biaya pada akuntansi manajemen sektor pemerintah kurang mempertimbangkan perhitungan biaya dan manfaat, sehingga seringkali terjadi ketidakoptimalan penggunaan anggaran dan kurang maksimalnya pelaksanaan prinsip 3E (ekonomis, efisien, dan efektif).
  2. Terdapat perbedaan dalam pengklasifikasian biaya. Akuntansi manajemen sektor komersial membagi biaya ke dalam biaya langsung dan tidak langsung, serta ke dalam biaya tetap dan variabel. Sedangkan akuntansi manajemen sektor pemerintah membagi biaya menurut peraturan perundangan, fungsi, dan jenis belanja.
  3. Terdapat perbedaan standar yang digunakan untuk menetapkan jenis biaya. Pada sektor privat penentuan standar biaya yang umum dilakukan adalah dengan didasarkan pada Generally Accepted Accounting Principles (Prinsip Akuntansi yang Berlaku Umum), sedangkan pada sektor pemerintah, penentuan didasarkan pada peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Tags: | 0 komentar

0 komentar:

Posting Komentar